Arsip Sekilas Info

  • PENUTUPAN PORKAB TOBA SAMOSIR TAHUN 2012
Terlihat Bupati Pandapotan Kasmin Simanjuntak mengalungkan medali kepada para pemenang berbagai cabang olahraga yang dipertandingkan pada pelaksanaan Pekan Olah Raga Kabupaten Toba Samosir Tahun 2012 di Aula SMKN 2 Balige, Sabtu (26/05)
Di akhir acara, Bupati Pandapotan Kasmin Simanjuntak dan Wabup Liberty Pasaribu melakukan photo bersama dengan para atlet pemenang dari 6 (enam) cabang olahraga yang dipertandingkan. Terlihat juga hadir Sekdakab Liberty Manurung, Kadis Pemuda dan Olahraga, Para Pengurus KONI Tobasa, dan undangan lainnya, Sabtu (26/05).
  • BUPATI BERSAMA WABUP TOBASA TAMPUNG ASPIRASI WARGA TORNAGODANG
Bupati Pandapotan Kasmin Simanjuntak bersama Wabup Liberty Pasaribu didampingi Sekdakab Liberty Manurung, para Asisten Sedakab dan Kabag Humas dan Protokol, menerima audiensi warga Tornagodang, Kec. Habinsaran di Ruang Rapat Mini Kantor Bupati Toba Samosir, Rabu (23/05)
Setelah menampung aspirasi warga serta menegaskan bahwa Pemkab Tobasa akan senantiasa memperjuangan kepentingan warganya sesuai dengan ketentuan perundangan-undangan yang berlaku, Bupati dan Wabup menghampiri warga untuk bersilaturahmi, Rabu (23/05)
  • UN SMP/MTs DI SILAEN DIMONITORING KADISDIK
Sebagaimana instruksi Bupati Toba Samosir Pandapotan Kasmin Simanjuntak kepada Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Toba Samosir untuk tetap melakukan monitoring dan pengawasan berlangsungnya ujian nasional tingkat SMP/MTs di Kabupaten Toba Samosir, hari Rabu (25/04) Kepala Dinas Pendidikan Toba Samosir Dra. Mariani kembali melakukan monitoring UN di Kecamatan Silaen yang didampingi oleh Kepala UPTD Kecamatan Silaen.
Saat melakukan Monitoring UN di setiap sekolah Kepala Dinas Pendidikan juga memastikan kesiapan siswa peserta UN dan kelengkapan berkas soal UN melalui para pengawas yang ditempatkan di setiap sekolah lokasi pelaksanaan UN. Sehingga dapat dipastikan pelaksanaan ujian berjalan dengan lancar dan aman tanpa ada kendala. Petugas keamanan juga turut berperan dalam pengamanan ujian nasional ini yang mana tampak di setiap sekolah ditempatkan petugas keamanan dari kepolisian
  • BUPATI TERIMA AUDIENSI LSM TAMBA ULINA
Bupati Didampingi Sekdakab menerima audiensi LSM Tamba Ulina, Kamis (19/04), di Ruang Rapat Mini Kantor Bupati Toba Samosir.
Bupati Toba samosir, meminta agar LSM Tamba Ulina dapat memberikan kritik membangun kemajuan Kabupaten Toba Samosir.
  • KUNJUNGAN KERJA BUPATI KE KECAMATAN LAGUBOTI
Bupati Toba Samosir Pandapotan Kasmin Simanjuntak mendengarkan penjelasan Camat Laguboti Taruli Siagian, SH saat meninjau Pasar Laguboti, Kamis (29/03/2012)
Bupati Toba Samosir Pandapotan Kasmin Simanjuntak dan Ketua TP. PKK Toba Samosir Ny. Netty Pandapotan Kasmin Simanjuntak serta Wakil Ketua DPRD Jojor Tambunan saat kunjungan kerja di Kantor Camat Laguboti, Kamis (29/03/2012)
  • WABUP TOBASA LIBERTY PASARIBU CERAMAH UMUM DI UNITA
Wakil Bupati Toba Samosir Liberty Pasaribu, SH, M.Si memberikan ceramah umum pada pelepasan peserta Kuliah Kerja Usaha (KKU) Fakultas Ekonomi Prodi Manajemen Universitas Sisingamangaraja XII Tapanuli (Unita) Tahun Ajaran 2011/2012 bertempat di Kampus Unita Silangit, Rabu (07/03/2012). Dalam kesempatan itu, Liberty Pasaribu berharap agar para mahasiwa UNITA siap bersaing membuka lapangan pekerjaan baru sebagai wira usaha (entrepreuner) dan tidak berorientasi menjadi pegawai pemerintah (PNS).
  • LKBN ANTARA BIRO SUMATRA UTARA AUDIENSI KE PEMKAB TOBA SAMOSIR
Kepala Biro LKBN Antara Sumut Simon Pramono diterima Bupati Toba Samosir Pandapotan Kasmin Simanjuntak ketika melayat St. Gr. Karianus Simanjuntak orang tua Bupati Pandapotan Kasmin Simanjuntak yang meninggal dunia di Simanobak, Kecamatan Silaen, Jumat (02/03). Sebelumnya rombongan LKBN Antara ini telah diterima Wabup Liberty Pasaribu di Kantor Bupati Toba Samosir.
Wakil Bupati Toba Samosir Liberty Pasaribu didampingi Staf Ahli Bupati TA Dugat Panjaitan, menerima Audiensi LKBN Antara Biro Sumatera Utara yang dipimpin langsung Kepala Biro Simon Pramono, Jumat (02/03) di Balige. Pada kesempatan tersebut juga dilakukan penjajakan kerjasama yang mungkin dapat dijalin antara Pemkab Tobasa dan LKBN Antara
  • WABUP LIBERTY PASARIBU TERIMA KUNJUNGAN KERJA BPBD PROVINSI KALIMANTAN TIMUR
Wakil Bupati Toba Samosir Liberty Pasaribu menyambut dengan penuh kekeluargaan rombongan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Prov. Kalimantan Timur yang dipimpin Ir. Frederich Bied, M.Si di Balige, Kamis (23/02)
Dengan penuh keakraban, Wabup Liberty Pasaribu bertukar cenderamata berupak plakat yang diterima Ir. Frederich Bied, M.Si selaku ketua rombongan yang sehari-hari menjabat Kepala Pelaksana Harian BPBD Prov. Kaltim, Kamis (23/02) di Balige.
  • TIM PENILAI KECAMATAN TKT PROPINSI KUNJUNGI KECAMATAN TAMPAHAN

Tim Penilai Kecamatan Terbaik Tingkat Propinsi Sumatra Utara, Selasa (25/10), melakukan penilaian terhadap Kecamatan Tampahan. Penilaian yang dilaksanakan di Aula Kantor Camat Tampahan ini adalah dalam rangka Lomba Kecamatan Terbaik Tingkat Propinsi Sumatra Utara Tahun 2011. Kegiatan ini dihadiri oleh Bupati Toba Samosir Pandapotan Kasmin Simanjuntak yang diwakili oleh Asisten Pemerintahan Setdakab Toba Samosir Drs. Rudolf Manurung, Tim Penilai Tingkat Kabupaten, Uspika, BPD, Para Kepala Desa Se- Kecamatan Tampahan, dan Tokoh Masyarakat.

Bupati Toba Samosir dalam sambutannya berharap agar Tim Penilai, disamping melakukan penilaian, diharapkan juga memberikan masukan terhadap kekurangan yang ditemukan. Agar kedepan dapat menjadi dasar dalam melakukan perbaikan pelayanan pemerintahan di Kecamatan Tampahan.

  •  INFO BPBD : GEMPA DI SAMOSIR 4,2 SR

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kab. Toba Samosir Drs. Rekson Simanjuntak menyampaikan informasi seputar terjadinya gempa bumi di Kabupaten Samosir. Menurut Rekson, berdasarkan data yang mereka peroleh dari BMKG Medan, pada Hari Selasa (11/10), sekitar pukul 10.21 Wib, telah terjadi gempa bumi di Kabupaten Samosir dengan jenis Gempa Mag. yang berkekuatan 4.2 SR. Lebih lanjut diinformasikan bahwa pusat gempa berada pada lokasi 2,54 LU-98,67 BT atau berada sekitar 8 km barat daya Pangururan pada kedalaman 11 Km.

  • WABUP TOBA SAMOSIR MENGHADIRI PERAYAAN HUT KABUPATEN TAPANULI UTARA
Wabup Tobasa Liberty Pasaribu memberikan ucapan selamat kepada Bupati Taput Torang Lumban Tobing sesaat setelah upacara peringatan HUT Ke-66 Kabupaten Taput, Rabu (05/10/11).
Terlihat Wabup Toba Samosir Liberty Pasaribu bersama para Bupati/Wabup dari Kabupaten tetangga, mengikuti upacara peringatan HUT Taput yang Ke-66 di Lapangan Tarutung, Rabu (05/10/11).
  • PENGIBARAN BENDERA MERAH PUTIH

Dalam rangka peringatan Hari Kesaktian Pancasila ke – 46 Tahun 2011 tingkat Kabupaten Toba Samosir, Bupati Toba Samosir melalui Dinas Sosial Kab. Toba Samosir dalam Surat Nomor : 0726/BS/DINSOS/IX/2011, menghimbau seluruh Kantor Pemerintah, BUMN/BUMD, Perusahaan Swasta dan Rumah Penduduk untuk mengibarkan Bendera pada :

–  30 September 2011, (pukul 06.00 s/d 18.00 WIB) mengibarkan Bendera Merah Putih setengah tiang.

– 01 Oktober 2011, (pukul 06.00 s/d 18.00 WIB) mengibarkan Bendera Merah Putih satu tiang penuh.

  • WABUP LIBERTY PASARIBU HADIRI RAPAT PARIPURNA PENYAMPAIAN LAPORAN BADAN ANGGARAN DAN TANGGAPAN UMUM/ PERORANGAN DPRD TOBA SAMOSIR TERKAIT LAPORAN KEUANGAN TA 2010.
Setelah Bupati Toba Samosir Pandapotan Kasmin Simanjuntak menyampaikan dan menyerahkan laporan keuangan Pemerintah Kabupaten Toba Samosir TA. 2010, pada hari Kamis (08/09) yang lalu kepada DPRD Toba Samosir, maka setelah melalui proses pembahasan, Selasa (13/09) Wakil Bupati Liberty Pasaribu, hadir pada Rapat Paripurna untuk mendengarkan penyampaian pemandangan umum/ tanggapan umum perorangan anggota DPRD Toba Samosir di Ruang Rapat Gedung DPRD Kabupaten Toba Samosir di Balige
Pada kesempatan tersebut, Wakil Bupati Toba Samosir Liberty Pasaribu didampingi Sekretaris Daerah Liberty Manurung serta para Asisten, Staf Ahli Bupati, para Kabag, para pimpinan SKPD dan Camat se-Kabupaten Toba Samosir terlihat hadir memenuhi undangan untuk mendengarkan laporan badan anggaran serta pemandangan umum/ tanggapan perorangan ini. Disamping itu dari unsur pimpinan daerah terlihat hadir Kapolres Toba Samosir AKBP Musa Tampubolon serta Kasdim 0210/TU yang hadir mewakili Dandim 0210/TU.
  • GEMPA JUGA TERASA DI TOBASA

Sesuai informasi dari BMKG melalui Kantor Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kab. Toba Samosir, pada hari Selasa (06/09/11) pukul 00.55.12 WIB telah terjadi Gempa Bumi dengan kekuatan MAG : 6,7 SR pada kedalaman 78 km. Koordinat gempa berada pada 2,81 LU, 97,85 BT (59 Km Timur laut Singkilbaru, NAD).

Menurut Kepala Kantor BPBD Toba Samosir Drs. Rekson Simanjuntak yang diwawancarai di ruang kerjanya, Selasa (06/09), mengatakan gempa yang juga dirasakan di wilayah Kab. Toba Samosir, selama hampir satu menit tersebut, tidak menimbulkan kerusakan yang berarti.

SERBA-SERBI PERAYAAN HUT KEMERDEKAAN RI KE – 66 KABUPATEN TOBA SAMOSIR

  • UPACARA DETIK-DETIK PROKLAMASI

  • UPACARA PENURUNAN BENDERA

  • KARNAVAL

  • RESEPSI KENEGARAAN

  • PENYERAHAN SK REMISI

  • RENUNGAN SUCI

  • PELEPASAN PESERTA TAPTU

  • MEMERIAHKAN HUT RI KE-66, TOBA SAMOSIR SELENGGARAKAN LOMBA LARI 10 K
Dengan disaksikan Ketua DPRD Toba Samosir Sahat Panjaitan, Kapolres Toba Samosir AKBP Musa Tampubolon serta para pimpinan SKPD lainnya, Bupati Toba Samosir Pandapotan Kasmin Simanjuntak melepas peserta Lomba Lari 10 K untuk memeriahkan HUT RI ke-66, di Porsea (12/08). Lomba Lari dengan peserta siswa/i tingkat SMA/SMK dan masyarakat umum ini terselenggara atas kerjasama Pemkab Toba Samosir dengan PT. TPL, Tbk
Hampir seribuan siswa/i di Toba samosir ambil bagian dalam Lomba Lari 10 K untuk memeriahkan HUT RI ke-66, yang dilaksanakan di Porsea (12/08). Untuk Pemenang Kategori Putra Lomba Lari 10 K ini diraih oleh Liston Siahaan (Kec. Sigumpar), sedangkan Untuk Kategori Putri, Juara Pertama dimenangkan oleh Desi Tambunan (Kec. Siantar Narumonda). Sebelum Lomba Lari ini dilepas, juga digelar senam massal di halaman kantor Camat Porsea
  • PENYERAHAN BANTUAN KOMPUTER UNTUK SMP NEGERI 1 ULUAN DAN SMP NEGERI 2 ULUAN
Ketua Tim Koordinasi Pengelolaan Dana CD TPL Kab. Toba Samosir Drs. Rudolf Manurung, Rabu (21/07/11), menyerahkan bantuan 2 unit komputer untuk SMP Negeri 1 Uluan. Bantuan ini diterima langsung oleh Kepala SMP N 1 Uluan Henok Sitompul, S.Pd. Penyerahan bantuan ini turut juga dihadiri oleh Anggota DPRD Tobasa Monang Naipospos dan Camat Uluan Elister Manurung.
Rabu (21/07/11) Ketua Tim Koordinasi Pengelolaan Dana CD TPL Kab. Toba Samosir Drs. Rudolf Manurung didampingi Anggota DPRD Tobasa Monang Naipospos dan Camat Uluan Elister Manurung, menyerahkan bantuan 3 (tiga) unit komputer untuk SMP Negeri 2 Uluan. Bantuan komputer yang berasal dari Dana CD TPL ini diterima oleh Kepala SMP Negeri 2 Uluan Jonson Sinaga, S.Pd dengan disaksikan oleh perwakilan Komite Sekolah.
  • MENTERI KEHUTANAN RI H. ZULKIFLI HASAN, SE, MM KUNJUNGI TOBA SAMOSIR
Menteri Kehutanan RI Zulkifli Hasan bersama Bupati Toba Samosir Pandapotan Kasmin Simanjuntak dan Ketua DPRD Sahat Panjaitan di Onan Sampang, Balige (15/07)
Bupati Toba Samosir Pandapotan Kasmin Simanjuntak bersama Menteri Kehutanan RI Zulkifli Hasan melakukan penanaman pohon di Onan Sampang, Balige (15/07)
Menteri Kehutanan RI Zulkifli Hasan bersama Bupati Toba Samosir Pandapotan Kasmin Simanjuntak dan TB Silalahi meninjau lokasi pembibitan di Onan Sampang, Balige (15/07)
  • RENCANA AGENDA KERJA BUPATI TOBA SAMOSIR

  • PEMAPARAN SUBSTANSI TEKNIS DRAFT REVISI RENCANA TATA RUANG TATA WILAYAH (RTRW) KAB. TOBA SAMOSIR TAHUN 2011-2031
Wabup Toba Samosir Liberty Pasaribu, SH, M.Si memberikan bimbingan dan arahan pada saat membuka Pemaparan Substansi Teknis Draft Revisi RTRW Toba Samosir Tahun 2011-2031 di Balai Data Kantor Bupati Tobasa di Simanjalo, Senin (04/07/2011).
Suasana Pemaparan Substansi Teknis Draft Revisi RTRW Toba Samosir Tahun 2011-2031 di Kantor Bupati Toba Samosir di Simanjalo, Senin (04/07/2011).
  • SOSIALISASI PEMBENTUKAN DEWAN RISET DAERAH TINGKAT KABUPATEN ZONA VI MELIPUTI KABUPATEN TOBA SAMOSIR, TAPANULI UTARA, SAMOSIR, DAN HUMBANG HASUNDUTAN
Staf Ahli Bupati Tobasa Ir. Saibon Sirait menyambut baik diadakannya Sosialisasi Pembentukan Dewan Riset Daerah Tingkat Kabupaten khususnya zona 6 meliputi Kabupaten Toba Samosir, Tapanuli Utara, Samosir, dan Humbang Hasundutan bertempat di Balai Data Kantor Bupati Toba Samosir, Kamis (30/06/2011).
Para peserta Sosialisasi Pembentukan Dewan Riset Daerah Tingkat Kabupaten Zona VI terlihat serius mengikuti kegiatan di Balai Data Kantor Bupati Toba Samosir, Kamis (30/06/2011). Tampak hadir anggota DPRD Tobasa Ir. Viktor Silalahi, para pimpinan SKPD Pemkab Toba Samosir, dan para undangan lainnya.
  • CUTI BERSAMA 16 MEI 2011

Berdasarkan Surat Keputusan Bersama (SKB) 3 Menteri, yakni SK Menteri Agama Nomor 2 Tahun 2011, SK Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Nomor 120/MEN/V/2011, serta SK Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor SKB/01/M.PAN-RB/05/2011 tertanggal 13 Mei 2011, ditetapkan bahwa Senin, 16 Mei 2011 sebagai CUTI BERSAMA.

Maka An. Bupati Toba Samosir, Plt. Sekdakab Toba Samosir Drs. Liberty Manurung, MM Biztel, menginstruksikan kepada seluruh pimpinan SKPD di Lingkungan Pemkab Toba Samosir agar menginformasikan kepada seluruh staf di jajarannya masing-masing bahwa Senin, 16 Mei 2011 sebagai Cuti Bersama.

  • BUPATI TOBA SAMOSIR DAN KARANG TARUNA LAKUKAN PENANAMAN POHON
Bupati Toba Samosir Pandapotan Kasmin Simanjuntak didampingi Kadis Kehutanan Tobasa Hormat Panjaitan dan Ketua Karang Taruna Tobasa Maruli Simanjuntak melakukan penanaman pohon pinus di lereng Bukit Berjuta Pohon di Desa Gurgur Kec. Tampahan Kab. Toba Samosir, Selasa (10/05/2011).
Bupati Toba Samosir Pandapotan Kasmin Simanjuntak foto bersama dengan Kadis Kehutanan Hormat Panjaitan, Camat Tampahan Manoras Taraja, Ketua Karang Taruna Tobasa Maruli Simanjuntak serta para Pengurus Karang Taruna Kab. Toba Samosir usai melakukan penanaman pohon di lereng Bukit Berjuta Pohon Kec. Tampahan, Selasa (10/05/2011).
  • BUPATI TOBA SAMOSIR TINJAU PELAKSANAAN UASBN SD TP. 2010/2011
Bupati Toba Samosir Pandapotan Kasmin Simanjuntak melakukan peninjauan Ujian Akhir Sekolah Berstandar Nasional (UASBN) di SD Negeri 176367 Soposurung Balige, Selasa (10/05/2011).
Sejumlah murid SD Negeri 176367 Soposurung Balige terlihat serius menjawab soal dalam Ujian Akhir Sekolah Berstandar Nasional (UASBN). Sebanyak 4099 murid SD Negeri/ Swasta, MI dan SDLB se-Toba Samosir menghadapi UASBN TP. 2010/2011 yang berlangsung selama 3 hari (10-12 Mei 2011).
  • RENCANA AGENDA KERJA BUPATI TOBA SAMOSIR
13- 15April ‘11 : Penyelenggaraan rapat fasilitas, asistensi dan supervise pelaksanaan kerja sama antar daerah, Jakarta.

Kamis 14 April 2011

08.00 : Rapat Koordinasi Daerah (RAKORDA)  Bidang Komunikasi dan Informatika Tahun 2011, Hotel Utami- Jawa Timur

Senin, 11 April 2011

10.00 :

Menghadiri undangan Pertemuan dengan PT. Inalum dan PT. TPL Pusat masalah 2 MW untuk masyarakat Porsea dan Balige di Ruang Rapat Mini DPRD

13.00 :

Memimpin Rapat Rencana pengembangan olah raga dirgantara paralayang sebagai ikon pariwisata di daerah Ajibata di mako Lanud, Medan

Selasa, 12 April 2011

09.00 :

Memimpin Rapat koordinasi dana APBD tugas pembantuan/dekonsentrasi dan DAK TA. 2011 Triwulan I di Kantor Bappeda

13.00 :

Memimpin Rapat koordinasi evaluasi data-data penyusunan LKPJ dan LPPD, evaluasi pelaksanaan program pembangunan di Balai Data Kantor Bupati

  • Partisipasi Pemkab Tobasa Pada Hari Jadi Kab. Asahan

  • Partisipasi Pemkab Tobasa pada Pekan Raya Sumatera Utara Tahun 2011
Wabup Tobasa Liberty Pasaribu, SH, MSi meninjau Paviliun Pemkab Toba Samosir di lokasi PRSU di Tapian Daya Medan pada Pembukaan PRSU tahun 2011, Jumat (18/3/11). Paviliun Pemkab Tobasa ini memuat dan memamerkan produk-produk unggulan dan potensi utama di Kab. Toba Samosir, dengan harapan akan mampu menarik investor berinvestasi di Tobasa
Terlihat Wabup Tobasa Liberty Pasaribu, SH, MSi bersama para kepala daerah/mewakil kabupaten/ kota di Sumatera Utara sedang mendengarkan sambutan Menteri Kelautan dan Perikanan DR Fadel Muhammad ketika membuka secara resmi PRSU tahun 2011, Jumat (18/3)
  • AUDIENSI PANITIA JUBILEUM 100 TAHUN HKBP DISTRIK IV TOBA KEPADA WAKIL BUPATI TOBASA – Wakil Bupati Toba Samosir Liberty Pasaribu SH, M.Si didampingi Plh Sekdakab Ir. Saibon Sirait, Asisten Pemerintahan Drs. Rudolf Manurung dan Plt. Asisten Administrasi Umum Lodewyk Panjaitan, SH menerima audiensi Panitia Jubileum 100 Tahun HKBP Distrik IV Toba pada Senin (20/03) di Ruang Rapat Mini Kantor Bupati Tobasa.Dalam audiensi ini, Panitia Jubileum 100 Tahun HKBP Distrik IV Toba yang diketuai  Maruahal Napitupulu melakukan pemaparan rencana kegiatan dan program yang akan dilaksanakan dan selanjutnya menyerahkan proposal kepada Bupati Toba Samosir melalui Wakil Bupati Toba Samosir.
  • “JANGANLAH HANYA MEMBENARKAN YANG BIASA, TETAPI MARILAH MEMBIASAKAN YANG BENAR,” –  Demikian disampaikan Plh Asisten Administrasi Umum Setdakab Tobasa dalam salah satu point arahannya pada pelaksanaan Apel Gabungan di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Toba Samosir, yang berlangsung di Pelataran Kantor Bupati Tobasa, Balige (Senin,28/2/11).  Lodewijk Panjaitan, SH yang bertindak selaku Pembina Apel Gabungan kali ini, kembali menekankan peningkatan disiplin pegawai negeri sipil, sehingga akan tercipta pegawai negeri sipil yang profesional dan bermartabat.
  • PUSAT JAJANAN MALAM KOTA BALIGE–  Balige (16/2/11) Geliat Kota Balige di malam hari saat ini sudah sangat menyenangkan untuk dinikmati, berbagai perkembangan dan kemajuan sudah sangat mampu untuk menggerakkan masyarakat untuk tidak langsung menuju peraduan. Berbagai perkembangan yang terlihat saat ini sudah mulai menunjukkan adanya pembangunan dan perkembangan yang signifikan di kota yang menjadi pusat pemerintahan Kabupaten Toba Samosir ini. Salah satu yang menjadi daya tarik Kota Balige di malam hari adalah adanya Pusat Jajanan Malam yang berlokasi di sepanjang Jl. Sisingamangaraja. Bagi masyarakat setempat khususnya bagi kawula muda, pusat jajanan ini sudah cukup mampu menggoyang lidah untuk menikmati aneka masakan dan minuman yang tersedia dengan harga yang terjangkau.Keberadaan pusat jajanan malam ini juga dirasakan manfaatnya oleh masyarakat dari kota lain yang sedang melintasi Kota Balige mengingat keberadaan Kota Balige yang berada di jalur lintas Sumatera. Untuk menghilangkan keletihan dan kepenatan sepanjang perjalanan, lokasi jajanan ini dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif tempat persinggahan.

  • MUSYAWARAH DESA PERTANGGUNG JAWABAN 100% DESA BONAN DOLOK III SUKSES –

    Balige (10/2/11) Denyut nadi pembangunan di Wilayah Kabupaten Toba Samosir terus berdetak dinamis sebagaimana tujuan dan tanggung jawab pemerintah dalam upaya mewujudkan kepedulian atas keinginan dan aspirasi masyarakatnya. Hal ini juga dapat terlihat pada pelaksanaan Musyawarah Pertanggungjawaban 100%/ Musyawarah Desa Serah Terima (MDST) PNPM-MP di Desa Bonan Dolok III, Kecamatan Balige, Kamis (10/2/11) untuk kegiatan pembangunan irigasi Sibatur s/d Puncu Aek. Irigasi yang dalam perencanaannya akan dibangun sepanjang 1285 meter ini dalam pelaksanaannya dapat direalisasikan menjadi 1430 meter ditambah bendungan sepanjang 20 meter. Penambahan realisasi fisik ini dapat dilakukan merupakan wujud swadaya yang diberikan masyarakat setempat sebagai dukungan suksesnya pembangunan irigasi ini. Pada pelaksanaan MDST ini juga dilakukan pemaparan dan pertanggung jawaban penggunaan dana oleh TPK (Tim Pengelola Kegiatan).

  • LALULINTAS DI PUSAT KOTA BALIGE SEMAKIN TERTIB
    Balige (11/2/11) Suasana lalu lintas di pusat kota Balige sudah semakin tertib dan tertata rapi sesuai hasil peliputan Bagian Humas dan Protokol Setdakab Toba Samosir. Hal ini juga merupakan tindak lanjut dari rapat koordinasi yang dilaksanakan pada hari senin (7/2/11) antara Dinas Perhubungan, Dinas Pasar, Kebersihan dan Pertamanan, Kesbangpol Linmas , Kecamatan Balige dan Uspika Kecamatan Balige dalam membenahi kota Balige sebagai Ibukota Kabupaten.

    Sebagaimana hasil pengamatan pada hari “onan” Jumat, 11 Pebruari 2011 penataan lalu lintas sudah cukup tertib dengan menerapkan sistem parkir sejajar untuk kendaraan roda empat. Dengan demikian peluang terjadinya kemacetan sudah semakin kecil. Juga terlihat para petugas dari Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika Kab. Tobasa dan Petugas Kepolisian dari Polres Tobasa yang telah ditempatkan di beberapa titik rawan kemacetan. Peran serta masyarakat Balige dan warga yang berkunjung ke kota Balige sangat diharapkan, maka harapan ke depan untuk terwujudnya Balige yang Bersih, Indah, Tertib dan Aman akan tercapai.

  • RAKOR PENCANANGAN “SABTU BERSIH” KOTA BALIGE – Rapat koordinasi (rakor) dalam rangka penataan, penertiban dan kebersihan Kota Balige diadakan di Balai Data Kantor Camat Balige (Selasa, 8/2/11).
    Rakor ini dipimpin langsung oleh Asisten Pemerintahan Setdakab Tobasa Drs. Rudolf Manurung. Hal-hal yang dibahas dalam rakor ini diantaranya rencana pencanangan gerakan “Sabtu Bersih”, yaitu gerakan gotong royong bersama seluruh masyarakat dan instansi terkait setiap hari sabtu. Hadir dalam rakor ini para pimpinan SKPD terkait diantaranya Kaban Kesbangpol Linmas, Plt.Kadis Perhubungan dan Uspika Kecamatan Balige dan para instansi yang berkantor di sekitar Kota Balige.
  • JADWAL MUSRENBANG KECAMATAN
  • WABUP LIBERTY PASARIBU, SH, MSi, “ASPIRASI MASYARAKAT DALAM MUSRENBANG UNTUK DILAKSANAKAN DALAM PRIORITAS PEMBANGUNAN” –
    Balige (07/2/11) Dalam apel gabungan sebagaimana biasanya yang dilaksanakan setiap hari senin di Lingkungan Pemkab Toba Samosir, Bupati Toba Samosir yang diwakili Wabup Liberty Pasaribu, SH, MSi bertindak selaku Pembina Apel Gabungan. Dalam bimbingan dan arahannya kembali menegaskan beberapa hal untuk ditindaklanjuti para pimpinan SKPD, diantaranya : “bahwa dalam menampung dan memperhatikan aspirasi masyarakat, diharapkan agar semua pimpinan SKPD benar-benar dapat melaksanakan dan mengikuti Musrenbang Desa/ Kecamatan sebagai proses perencanaan pembangunan yang menganut prinsip bottom-up dan top-down, maka dengan demikian aspirasi masyarakat dalam Musrenbang Desa/Kecamatan dapat ditindak lanjuti dan dipenuhi sebagai prioritas pembangunan”.
  • Bupati Tobasa Pandapotan Kasmin Simanjuntak menyerahkan bantuan berupa 12 Unit Komputer yang bersumber dari pengelolaan dana CD TPL 1 % Net Sales. Bantuan yang diserahkan langsung diterima oleh para kepala sekolah dengan perincian 5 (lima) unit untuk SMK N 1 Lumban Julu, 5 (lima) unit untuk SMU N 1 Lumban Julu dan 2 (dua) unit untuk SMP N 1 Lumban Julu, Kab. Toba Samosir, Rabu (2/2/11).Pada penyerahan bantuan ini, Bupati Toba Samosir juga didampingi anggota DPRD Tobasa Ir. Togar Manurung dan Asisten Pemerintahan Setdakab Drs. Rudolf Manurung.
  • RAPAT KOORDINASI PENYELENGGARAAN PEMERINTAHAN DESA DIPIMPIN WABUP LIBERTY PASARIBU, SH, MSi. – Badan PM dan PD Kabupaten Toba Samosir menyelenggarakan Rapat Koordinasi Penyelenggaraan Pemerintahan Desa bertempat di Balai Data Kantor Bupati Toba Samosir (Selasa,1/2/11) di Balige. Rapat Koordinasi ini dipimpin langsung oleh Wabup Liberty Pasaribu, SH, M.Si, diantaranya membahasa tentang tupoksi sekretaris desa, dan keberadaan sekretaris desa pada desa pemekaran dan selanjutnya dalam himbauannya Liberty Pasaribu, SH, MSi mengharapkan agar pengelolaan ADD dapat dilakukan sebaik mungkin dan dapat dipertanggung jawabkan dengan baik sehingga terhindar dari adanya dugaan penyimpangan.

    Rapat koordinasi ini dihadiri Asisten Pemerintahan Drs. Rudolf Manurung, Plt. Asisten Ekonomi Pembangunan Tito Siahaan, SH, Kaban PM dan PD James Silaban, SE, Staf Ahli Drs. TA Dugat Panjaitan, Kabag Humas dan Protokol Arwanto H. Ginting, SSTP, Kabag Tata Pemerintahan Oloan Pane, SH, Kabag Hukum Drs. AM Sitorus, SH, Sekretaris BKD Martahan Siahaan, S.Sos dan seluruh Camat/mewakili di Kabupaten Toba Samosir serta instansi terkait lainnya.

  • PANDAPOTAN KASMIN SIMANJUNTAK PIMPIN DPC PARTAI DEMOKRAT TOBASA – Musyawarah Cabang II Partai Demokrat Kabupaten Toba Samosir yang berlangsung di Gedung VIP HKBP Balige (Senin,31/1/11), telah berhasil memilih secara aklamasi Pandapotan Kasmin Simanjuntak sebagai Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrat Kabupaten Toba Samosir periode 2011-2016. Pandapotan Kasmin Simanjuntak yang juga merupakan Bupati Toba Samosir dipilih secara bulat oleh seluruh PAC Partai Demokrat yang berjumlah 16 PAC di Kabupaten Toba Samosir.
  • (Sabtu, 08-01-2011), Perayaan Natal Ephipania di PI-Del dengan Thema : Yohanes 1: 9 “Terang yang sesungguhnya , yang menerangi setiap orang sedang datang ke dalam dunia.”, berlangsung dengan penuh khidmat yang dihadiri oleh Mahasiswa/i PI-Del, para orangtua Mahasiswa, Ketua Pembina Yayasan Del Jend. (Purn) Luhut B. Panjaitan, utusan dari Gereja HKBP, Gereja Kristen Protestan Mentawai (GKPM), GKPI, anggota DPRD Tobasa dan mewakili Pemkab Toba Samosir.
  • Sesuai dengan Surat Keputusan Bupati Toba Samosir No. 235 Tahun 2010, Bupati Tobasa melantik Helti Situmorang sebagai Kepla Desa Parhabinsaran Janji Matogu, Kecamatan Uluan dan 3 (tiga) orang Kepala Desa di Kecamatan Siantar Narumonda, sesuai Surat Keputusan Bupati Toba Samosir No. 241 Tahun 2010 yaitu :
    Janwar Manurung sebagai Kepala Desa Siantar Narumonda III, Mangantar Simangunsong sebagai Kepala Desa Siantar Narumonda IV dan Harlen Siahaan sebagai Kepala Desa Siantar Tonga-tonga.
    Pelantikan Ke-empat Kepala Desa yang dilaksanakan di Aula Kantor Camat Siantar Narumonda Senin (27/12/2010) pukul 09.00 WIB, turut juga dihadiri Anggota DPRD Tobasa Rahmat Kurniawan Simanullang, Asisten Pemerintahan Drs. Rudolf Manurung, Uspika Kecamatan Uluan dan Uspika Kecamatan Siantar Narumonda. Photo-01, photo-02
  • Pendidikan dan Pelatihan Prajabatan CPNS Gol II Angkatan XIX TA 2010 di Lingkungan Pemkab Toba Samosir akan ditutup pada Hari Kamis (23/12/2010) di Sanggar Kegiatan Belajar, Porsea.
  • Bertempat di Balai Data Kantor Bupati Toba Samosir, Selasa (21/12/2010), Wakil Bupati Toba Samosir Liberty Pasaribu, SH, MSi bertindak sebagai narasumber pada acara “Sosialisasi Peraturan Daerah dan Peraturan Perundang-Undangan Lainnya” yang diselenggarakan oleh Bagian Hukum Setdakab Tobasa.
    Pada kesempatan tersebut, juga dilakukan pemaparan tentang Jurnalisme Masa Kini dengan judul “Kebebasan Pers terhadap Penegakan Hukum dalam Menyebarluaskan Informasi Menurut UU No.40 tahun 1999” dengan narasumber Lambaik Manalu, SPd. Disamping narasumber tersebut, juga hadir narasumber dari Bappeda dan Dinas Pasar Kab. Tobasa pada sosialisasi yang dihadiri para wartawan/ti media cetak/elektronik di Tobasa. Photo-01, Photo-02
  • Christmas Seasons di Tobasa. Senin (20/12/2010) Wakil Bupati Tobasa Liberty Pasaribu, SH, MSi, membuka pelaksanaan “Christmas Seasons” bertempat di Lapangan Sisingamangaraja, Balige.
  • Dalam rangka memeriahkan Perayaan Natal Oikumene Kabupaten Tobasa Tahun 2010 yang akan dilaksanakan pada 28-12-2010, Panitia Natal Oikumene Kabupaten Tobasa menyelenggarakan Kegiatan Donor Darah sebagai bentuk Kasih Natal. Kegiatan donor darah ini dilaksanakan Senin (20/12/2010) di Rumah Sakit HKBP Balige. Peserta donor darah ini disamping para panitia, masyarakat, TNI/POLRI dan PNS di Lingkungan Pemkab Tobasa. Selanjutnya Bupati Tobasa juga meninjau persiapan-persiapan yang dilakukan oleh panitia Natal Oikumene. Photo-01, Photo-02, Photo-03, Photo-04
  • Bupati dan Wakil Bupati Toba Samosir hadir dalam acara Soft Opening Museum Batak, yang diselenggarakan Sabtu (18/12/2010), di TB. Silalahi Center, Balige. Acara ini turut juga dihadiri oleh Pangdam I/BB, Wakapoldasu, Bupati Taput, Bupati Humbahas dan Bupati Samosir. Photo-01, Photo-02, Photo-03
  • Bupati Toba Samosir Pandapotan Kasmin Simanjuntak, melantik dan mengambil sumpah 9 (sembilan) kepala desa di Kecamatan Borbor, Jumat (17/12/10). Para Kepala Desa yang dilantik adalah Inten Pasaribu Kades Lintong, Rudi H. Pasaribu Kades Hutagurgur, Agustus Pasaribu Kades Pasar Borbor, Koner Pasaribu Kades Lumban Sewa, Jannes Pasaribu Kades Riganjang, Poltak Pasaribu Kades Janji Maria, Parlinggoman Pasaribu Kades Pangururan II, Harapan Simanjuntak Kades Pangururan III, Nelson Hutapea Kades Simare.
  • Bertempat di Balai Data Kantor Bupati Toba Samosir, Jumat (1712/10), Bupati Toba Samosir diwakili Wakil Bupati Toba Samosir Liberty Pasaribu, SH, MSi membuka pelaksanaan rapat koordinasi dan sosialisasi PPAUD Kab. Tobasa Tahun 2010.
  • Panita Natal Oikumene Tahun 2010 Kabupaten Toba Samosir, melaksanakan bhakti sosial dan anjang sana ke panti-panti asuhan dan rumah tahanan negara di wilayah Kab. Tobasa dengan titik keberangkatan dari pelataran Kantor Bupati Toba Samosir, Jumat (17/12/10). Kegiatan ini merupakan salah satu program yang dilaksanakan Panitia Natal Oikumene Tahun 2010 dengan harapan akan dapat memberikan sumbangsih yang nyata bagi masyarakat Tobasa khususnya dalam menyambut Hari Natal dalam Kasih Tuhan Yesus Kristus.
  • Wakil Bupati Toba Samosir Liberty Pasaribu, SH, MSi dalam Upacara Kesadaran Nasional di pelataran Kantor Bupati Toba Samosir, menghimbau kepada seluruh Pegawai Negeri Sipil di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Toba Samosir untuk lebih meningkatkan disiplin dalam melaksanakan tugas-tugasnya. “PNS yang disiplin akan menciptakan aparat yang mampu mengabdi dan menjadi pelayan yang baik bagi masyarakatnya”, tegasnya.
  • Bupati Toba Samosir terima Bibit Pohon Mangga dari BRI Cabang Balige, yang selanjutnya diserahkan kepada para Camat dan Kepala SKPD Kabupaten Toba Samosir. Penyerahan ini dilaksanakan pada Perayaan HUT BRI Ke-115 di Kantor Cabang BRI Balige, Kamis (16/12).
  • Rabu (15-12-2010), Jadwal Pelaksanaan Penyampaian Pendapat Akhir Fraksi-Fraksi DPRD Kab. Tobasa tentang R.APBD Kab. Tobasa Tahun Anggaran 2011.
  • Senin (13-12-2010), Bertempat di Gedung DPRD Kab. Tobasa, Bupati Tobasa menyampaikan Nota Jawaban Bupati Toba Samosir atas Pemandangan Umum/Tanggapan Perorangan Anggota Dewan tentang R.APBD Kab. Tobasa Tahun Anggaran 2011.
  • Bupati Tobasa beserta Ketua TP PKK Kab. Tobasa hadiri Natal Oikumene Kecamatan Laguboti (Kamis, 09-12-2010). Perayaan Natal kali ini mengangkat tema: “Terang yang sesungguhnya sedang datang kedalam dunia (Yoh 1 : 9)” dan sub tema: “Perayaan Natal Oikumene Kecamatan Laguboti memotivasi kita untuk bekerja lebih sungguh dalam menata kehidupan yang lebih baik dengan Terang Kristus”. Anggota DPRD Kab. Tobasa Mangapul Siahaan, Dua Robert Hutajulu dan Togar Manurung turut hadir dalam perayaan Natal kali ini.
  • Persiapan pemberkasan kenaikan pangkat TMT 01 April 2011 PNS di Lingk. Pemkab Tobasa,

    Sesuai dengan Surat Edaran Bupati Nomor : 800/2485/bkd/pmp/xi/2010, maka tenggang waktu penyerahan berkas ke Badan Kepegawaian Daerah, sebagai berikut :

    a.Untuk kenaikan pangkat/golongan ruang Pembina (iv/a) keatas selambat-lambatnya 10 Januari 2011

    b. Untuk kenaikan pangkat/golongan ruang piñata tk.i (III/d) kebawah selambat-lambatnya pada tanggal 28 Januari 2011

    Info selengkapnya Hubungi Badan Kepegawaian Daerah c/q Kasubbag Kepangkatan dan Pensiun.

  • Kamis (09-12-2010), Bupati Tobasa Pandapotan Kasmin Simanjuntak, melantik dan mengambil sumpah Kades Pardomuan Nauli, Ujung Tanduk dan Op. Raja Hatulian, Kecamatan Laguboti. photo : Kades Ujung Tanduk, Kades Op. Raja Hatulian, Kades Pardomuan Nauli
  • Pemkab Tobasa Bantu Korban Kebakaran, Dalam Laporannya kepada Bupati Toba Samosir, Kepala Dinas Sosial Kab. Tobasa Drs. Sangkap Pasaribu menyampaikan bahwa Pemkab Toba Samosir melalui Dinas Sosial Kab. Tobasa didampingi para Uspika telah memberikan bantuan kepada korban kebakaran berupa bahan kebutuhan pokok. Adapun para korban yang dibantu, yaitu pada musibah kebakaran yang terjadi di : Desa Sigapiton (Kec. Ajibata); Dusun Sipailingon Desa Lbn Pea Timur (Kec. Balige) dan di Desa Sitio-tio (Kec. Siantar Narumonda)
  • Senin (06-12-2010) Bupati Pandapotan Kasmin Simanjuntak, melantik J. Sitorus sebagai Kepala Desa Silamosik II, Kecamatan Bonatua Lunasi dan Ridwan Manurung sebagai Kepala Desa Pardomuan Motung, Kecamatan Ajibata
  • Jumat (03-12-2010) Bupati Pandapotan Kasmin Simanjuntak melantik 5 Kepala Desa di Kecamatan Nassau
  • PNS Berpakaian Motif Tradisional (ulos/batik), Sesuai dengan Perbup Toba Samosir Nomor : 44 Tahun 2009 tentang Pedoman Pakaian Dinas PNS di Lingkungan Pemkab Toba Samosir. (photo1, photo2, photo3, photo4)

Persiapan pemberkasan kenaikan pangkat TMT 01 April 2011 PNS di Lingk. Pemkab Tobasa

Sesuai dengan surat edaran bupati nomor : 800/2485/bkd/pmp/xi/2010, maka tenggang waktu penyerahan berkas ke Badan Kepegawaian Daerah, sebagai berikut :

a.Untuk kenaikan pangkat/golongan ruang Pembina (iv/a) keatas selambat-lambatnya 10 Januari 2011

b. Untuk kenaikan pangkat/golongan ruang piñata tk.i (III/d) kebawah selambat-lambatnya pada tanggal 28 Januari 2011

Info selengkapnya Hubungi Badan Kepegawaian Daerah c/q Kasubbag Kepangkatan dan Pensiun.