PERINGATAN DETIK-DETIK PROKLAMASI KE 67 TINGKAT KAB. TOBASA KHIDMAT

Bupati Toba Samosir, Pandapotan Kasmin Simanjuntak bertindak selaku Inspektur Upacara pada upacara peringatatan Detik-detik Proklamasi Republik Indonesia ke-67 tingkat Kabupaten Toba Samosir, Jumat (17/08). Upacara yang dilangsungkan di Lapangan Sisingamangaraja, Balige, berlangsung khidmat dengan diikuti ribuan peserta upacara yang terdiri dari anak-anak TK/ PAUD, pelajar SD, SLTP, SMA/ SMK, mahasiswa/i PI Del Laguboti, Akper HKBP Balige dan Akper Arjuna Laguboti, PNS di Lingkungan Pemkab Tobasa dan TNI/POLRI.

Sementara di tribun kehormatan, terlihat hadir Wakil Bupati, Liberty Pasaribu, Ketua DPRD Tobasa, Sahat Panjaitan, Wakil Ketua DPRD Tobasa, Djojor Tambunan dan Rahmat K. Manullang, Sekdakab Tobasa, Liberty Manurung, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah, antara lain, Kapolres Tobasa, AKBP Budi Suherman, Kajari Balige, Timbul Pasaribu, Ketua PN Balige Agus Widodo. Juga tampak hadir, Bupati Pertama Tobasa, Sahala Tampubolon, Kepala Rutan Balige, T. Barus, Ketua dan Anggota LVRI Tobasa, pimpinan Parpol/ Ormas/ OKP, para Kepala SKPD di Lingkungan Pemkab Tobasa, para pimpinan BUMN/ BUMD dan undangan lainnya.

Tepat pukul 10.00 Wib, diiringi bunyi sirene, Ketua DPRD Tobasa, Sahat Panjaitan membacakan Naskah Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia, sebagaimana 67 tahun yang lalu dinyatakan Soekarno/ Hatta atas nama Bangsa Indonesia sebagai tonggak Kemerdekaan Bangsa Indonesia. Selanjutnya, untuk mengenang jasa para pahlawan kemerdekaan ini, Inspektur Upacara, Pandapotan Kasmin Simanjuntak mengajak seluruh peserta upacara untuk mengheningkan cipta sebagai penghormatan atas perjuangan dan pengorbanan para pejuang kemerdekaan.

Selepas itu, dilanjutkan dengan pengibaran Bendera Merah Putih oleh Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) dipimpin oleh Komandan Upacara Iptu H. Situmorang. Sebelumnya bendera diserahkan Inspektur Upacara kepada Paskibra Monika Simanjuntak, siswi SMAN 2 Balige sebagai pembawa bendera didampingi Tumpal Tambunan juga siswa SMAN 2 Balige dan Agung Nadapdap, siswa SMAN Silaen sebagai penggerek bendera. Saat bendera dikibarkan, maka berkumandanglah Lagu Kebangsaan Indonesia Raya oleh seluruh peserta upacara diiringi musik yang dibawakan korsik Yayasan Bona Pasogit Sejahtera.

Dalam rangkaian upacara HUT RI ke-67 tingkat Kabupaten Toba Samosir ini, juga dilakukan penganugerahan Tanda Jasa/ Tanda Kehormatan Satya Lencana Karya Satya, kepada 24 (dua puluh empat) orang Pegawai Negeri Sipil di Lingkungan Pemkab Toba Samosir, yang disematkan secara simbolis oleh Inspektur Upacara atas nama Presiden Republik Indonesia. Satya Lencana Karya Satya ini diberikan sebagai penghargaan atas dedikasi Pegawai Negeri Sipil tersebut berkarya dengan memperhatikan masa kerjanya berkarier sebagai PNS, yang terdiri dari, 3 (tiga) orang penerima Satya Lencana Karya Satya XXX tahun, 9 (sembilan) orang penerima Satya Lencana Karya Satya XX tahun dan 12 (dua belas) orang penerima Satya Lencana Karya Satya X tahun.

Upacara ini diakhiri dengan laporan Perwira Upacara, AKP Gibson Siregar, yang sehari hari menjabat Kapolsek Balige kepada Inspektur Upacara. Tema yang diangkat pada perayaan HUT RI ke-67 tingkat Kabupaten Toba Samosir ini, yakni “Dengan Semangat Proklamasi 17 Agustus 1945, Kita Bekerja Keras Untuk Kemajuan Bersama, Kita Tingkatkan Pemerataan Pembangunan Untuk Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia”.

Setelah upacara berakhir, juga dilakukan pemberian penghargaan kepada para kader pembangunan di Toba Samosir, diantaranya bagi para pelaku-pelaku PNPM-MP berprestasi dengan berbagai kategori. Untuk kategori Unit Pengelola Kegiatan (UPK) terbaik diraih UPK Kecamatan Silaen sebagai Terbaik I, UPK Kecamatan Lumba Julu dan UPK Kecamatan Laguboti masing-masing sebagai terbaik II dan III. Kategori Pendamping Lokal (Penlok) PNPM-MP diraih Viktor dari Kecamatan Parmaksian, Sabar Butar-Butar dari Kecamatan Bonatua Lunasi, dan Anggiat Manurung dari Kecamatan Lumban Julu, masing-masing sebagai terbaik I, II dan III. Kategori Badan Kerjasama Antar Desa (BKAD) diraih Fernando Marpaung dari Kecamatan Siantar Narumonda sebagai terbaik I, Luditua Sibarani dari Kecamatan Laguboti sebagai terbaik II dan Parlindungan Hutagalung dari Kecamatan Lumban Julu.

Penghargaan berupa piagam, trophy dan dana pembinaan juga diberikan kepada desa yang berhasil dalam pelaksanaan Perencanaan Pembangunan Partisipatif, yakni masing-masing kepada Desa Sionggang Utara, Kecamatan Lumban Julu sebagai terbaik I, Desa Simpang Sigura-Gura, Kecamatan Porsea sebagai terbaik II dan Desa Lumban Gaol, Kecamatan Balige sebagai terbaik III. Untuk kategori Desa Pelaksana Gotong Royong terbaik, diraih Desa Sintong Marnipi, Kecamatan Laguboti sebagai terbaik I, Desa Pardamean Sibisa, Kecamatan Ajibata sebagai terbaik II dan Desa Narumonda II sebagai terbaik III.

Pada kesempatan tersebut, juga diserahkan penghargaan untuk siswa/i berprestasi untuk tingkat SD, SMP, SMA/SMK di Toba Samosir. Penghargaan lainnya juga diberikan kepada para tenaga pendidik pada berbagai kategori, atas prestasi dan dedikasinya pada peningkatan pembangunan sektor pendidikan di Toba Samosir. Masing-masing penghargaan ini, diserahkan langsung oleh Bupati Pandapotan Kasmin Simanjuntak, Wakil Bupati Liberty Pasaribu, Ketua DPRD Tobasa Sahat Panjaitan dan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah lainnya.

(Relis Bagian Humas dan Protokol Setdakab Tobasa)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s