PEMKAB TOBASA GELAR MUSRENBANG RKPD KABUPATEN TAHUN 2016

_MG_9697Pemerintah Kabupaten Toba Samosir (Pemkab Tobasa) selenggarakan Musrenbang RKPD Kabupaten Toba Samosir Tahun 2016. Penyelanggaraan Musrenbang RKPD Kabupaten Tobasa Tahun 2016 ini dimulai dengan pelaksanaan musrenbang secara berjenjang dari tingkat Desa, Kecamatan hingga Kabupaten. Musrenbang RKPD Kabupaten Tobasa Tahun 2016 dijadwalkan selama dua hari, yaitu mulai tanggal 17-18 Maret 2015 yang dilaksanakan di Aula SMK Negeri 1 Balige.

Musrenbang dibuka oleh Bupati Toba Samosir Pandapotan Kasmin Simanjuntak dengan pemukulan gong sebagai tanda dimulainya Musrenbang RKPD Tahun 2016, yang juga dihadiri oleh Gubernur Sumatera Utara yang diwakili oleh Kadisnaker Provsu Bukit Tambunan, Kepala Dinas Tarukim Provsu Binsar Situmorang, Ketua DPRD Tobasa Boike Pasaribu dan Sekdakab Tobasa Audi Murphy O. Sitorus.

Bupati dalam sambutannya mengatakan Musrenbang Kabupaten adalah arena strategis bagi semua pihak dalam merumuskan perencanaan pembangunan daerah secara kolaboratif dengan melibatkan 3 (tiga) pilar, yaitu Pemerintah daerah (eksekutif), Legislatif dan masyarakat serta kalangan swasta, sehingga mampu mengoptimalkan keberhasilan pembangunan Kabupaten Tobasa yang kita cintai ini sesuai dengan skala prioritas.

Ditambahkan Bupati bahwa sesuai amanat Undang-undang Nomor 25 Tahun 2014 tentang sistem perencanaan pembangunan nasional dan peraturan menteri dalam negeri Nomor 54 Tahun 2010 tentang pelaksanaan Peraturan Pemerintah Nomor 8 Tahun 2008 tentang tahapan tata cara penyusunan pengendalian dan evaluasi pelaksanaan rencana pembangunan daerah, maka Musrenbang RKPD bertujuan untuk menyelaraskan prioritas sasaran pembangunan, mengklarifikasi usulan program, mempertajam indikator kinerja program dan menyepakati prioritas pembangunan.

Sementara itu dalam sambutan tertulis Gubsu yang dibacakan oleh Bukit Tambunan menyebutkan bahwa langkah-langkah strategis untuk memulai perencanaan pembangunan dengan dasar PDRB tidak lagi memakai sembilan sektor, akan tetapi telah dirubah menjadi 17 kategori, agar hal ini dikoordinasikan dengan baik bersama BPS, himbau Gubsu. Dan diharapkan melalui Musrenbang Kabupaten akan menghasilkan skala prioritas pembangunan yang berpihak pada peningkatan kesejahteraan rakyat dan nantinya akan diusulkan juga menjadi prioritas ke Musrenbang Provinsi dan Nasional.

(Relis Bagian Humas dan Protokol Setdakab Toba Samosir)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s