27 SISWA/I PASKIBRA HUT RI KE 67 TINGKAT KABUPATEN TOBASA DIKUKUHKAN

Bertempat di pelataran Kantor Bupati Toba Samosir di Komplek Perkantoran Simanjalo, Jl. AB. Silalahi, Kamis (16/08), Bupati Toba Samosir Pandapotan Kasmin Simanjuntak, mengukuhkan Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra), yang nantinya akan bertugas mengibarkan dan menurunkan Bendera Merah Putih para Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Republik Indonesia Ke-67 Tingkat Kabupaten Toba Samosir Tahun 2012.

Pada pengukuhan Paskibra ini, hadir pada kesempatan tersebut, Wakil Bupati Liberty Pasaribu, Kapolres Tobasa AKBP Budi Suherman, Kajari Balige Timbul Pasaribu, Ketua Pengadilan Negeri Balige Agus Widodo, Sekdakab Liberty Manurung, Pimpinan Bank Sumut Balige Nelson Hutapea, para Pimpinan SKPD di Lingkungan Pemkab Tobasa dan para Kepala Sekolah yang siswanya terpilih menjadi Paskibra.

Terpilih sebagai Pasukan Pengibar Bendera pada peringatan Detik-Detik Proklamasi RI Ke-67 di Tobasa, menurut Bupati, sudah sepantasnya para Paskibra tersebut dapat berbangga diri, karena dari sekian banyak siswa/i SMA/SMK di Toba Samosir, mereka telah terpilih sebagai duta mewakili sekolahnya masing-masing untuk mendapat kepercayaan dan kehormatan dalam mengemban tugas mulia tersebut. Karena itu, pada acara puncak peringatan HUT RI besok, Bupati berharap, para Paskibra tersebut dapat melaksanakan tugasnya dengan baik. Selanjutnya, Bupati juga mengingatkan, agar para Paskibra tersebut kedepannya, dapat terus unggul dan berdaya saing, sehingga mampu sebagai generasi penerus bangsa, yang dapat mengharumkan nama bangsa ini. “Teruslah kembangkan jiwa patriotisme, dan memiliki semangat kebangsaan, serta jadilah manusia yang memiliki akhlak dan budi pekerti”, pesan Bupati.

Sebelum dikukuhkan, para paskibra ini juga mengucapkan ikrar pengukuhan selaku pasukan pengibar bendera yang dipimpin oleh AKP Gibson Siagian selaku pembimbing para paskibra. Adapun ikrar yang diucapkan para paskibra ini dikenal dengan sebutan “Ikrar Putra Indonesia”. Selanjutnya para paskibra dikukuhkan dengan ditandai dengan penyematan Tanda Pasukan Pengibar Bendera secara simbolis kepada salah seorang paskibra oleh Bupati Pandapotan Kasmin Simanjuntak.

Dari hasil seleksi yang dilakukan, dari seluruh siswa/i SMA/SMK di Tobasa, telah terpilih sebanyak 27 (dua puluh tujuh) orang Paskibra untuk pengibaran dan penurunan bendera Merah Putih pada HUT RI nanti. Untuk pengibaran bendera, terpilih Monika Simanjuntak, siswi SMAN 2 Balige sebagai pembawa bendera, Tumpal Tambunan juga siswa SMAN 2 Balige dan Agung Nadapdap, siswa SMAN Silaen sebagai penggerek bendera. Pada pengibaran bendera ini, akan dipimpin komandan pleton Marthin Munhte siswa SMAN 2 Balige. Sedangkan pada penurunan bendera, akan dipimpin Power Marpaung, siswa SMAN Pintu Pohan, dengan pembawa bendera Nova M. Silalahi, siswi SMF Laguboti, dan untuk penggerek bendera terpilih Armando Panjaitan, siswa SMAN 1 Balige dan Rinaldo Hutahaean, siswa SMAN Laguboti. Selama proses pengibaran dan penuruan bendera nanti, para Paskibra ini juga akan membentuk formasi angka 67 menandakan HUT RI ke 67 dan huruf KPB menggambarkan visi Kabupaten Toba Samosir yang berlandaskan Kasih, Peduli dan Bermartabat. Selama proses pelatihan, para Paskibra ini dilatih personil Koramil 17/Balige, Polsek Balige dan Dinas Sosial Tobasa.

(Relis Bagian Humas dan Protokol Setdakab Tobasa)

About these ads
This entry was posted in Humas. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s